Selasa, 31 Maret 2015

MELAMAR PEKERJAAN SECARA ONLINE, ADA ETIKANYA

Dunia internet saat ini menjadi penyedia informasi paling komplit sekaligus, baik yang bertujuan mencari informasi, berita, hiburan termasuk bursa lowongan kerja yang bisa dilakukan secara online. Melamar kerja online dapat dilakukan baik langsung melalui alamat email resmi perusahaan yakni dengan mengirim CV melalui email tersebut, atau juga melalui portal job yang saat ini marak dimana anda tinggal melamar pekerjaan yang tersedia dengan sebelumnya register dan melengkapi layanan pengisian resume terlebih dahulu. Dan ini adalah beberapa cara untuk melamar kerja secara online:
Ø  Persiapkan data diri serta Nomor kontak anda yang akurat
Melamar kerja online anda dapat melakukan Register melalui portal job, kemudian isilah data diri di resume anda selengkapnya, hal ini penting mengingat nantinya akan digunakan sebagai tolak ukur perusahaan apakah anda cocok dengan posisi pekerjaan yang anda lamar. Cantumkan nomor telepon atau handphone yang aktif dan benar serta dilengkapi alamat email.
Ø  Hidari menggunakan photo dan alamat email asal asalan
Melamar kerja online sama halnya dengan anda melamar kerja langsung, keseriusan ingin bekerja harus anda perlihatkan yaitu dengan mempersiapkan photo dan email anda secara resmi jangan terlalu santai karena dapat menimbulkan keraguan perusahaan untuk merekrut anda sebagai calon karyawannya. walaupun berbasis internet jangan samakan portal job dengan sosial media. Pada alamat email, hindari penggunaan email dengan nickname yang aneh-aneh seperti putriunyu@… jajakalana@ dan lain sebagainya lebih baik anda pergunakan nama lengkap anda karena akan memberikan nilai pencitraan positif buat anda sendiri bahwa anda sebagai figur serius dalam bekerja.
Ø  Kirimkan berkas-berkas file dalam format
doc atau .rtf. Sebaiknya terlebih dahulu anda cek kembali semua kelengkapan berkas yang dibutuhkan mulai dari CV, hingga foto. Beri nama file sesuai dengan nama anda. Lampirkan salinan contoh hasil karya dan sertifikat jika ada dan anda punyai. Jika terpaksa mengirimkan gambar dalam jumlah banyak, satukan dalam format .zip dan beri nama yang jelas pada file. Selain berkas-berkas yang sudah lengkap, jangan lupa beri surat pengantar berisi uraian singkat mengapa anda ingin bekerja di perusahaan tersebut. Ungkapkan surat pengantar ini seperlunya serta jangan berlebihan, tidak perlu memasukkan informasi-informasi yang tidak relevan dalam melamar kerja online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar